Pages

Indahnya Pedesaan

Sample Text

Ads 468x60px

Featured Posts

Sabtu, 10 Desember 2011

Icon Durian Pekalongan

Suatu daerah dapat mengeksplor potensi dan lini yang dapat dikembangkan untuk pembangunan daerahnya. One village One product, begitu istilahnya. Meski saya tidak sepenuhnya setuju dengan tagline tersebut, saya suka suatu daerah yang benar-benar serius mengembangkan produk pertaniannya. Hal ini membuat daerah tersebut dikenal karena produk pertaniannya dan menjadi sentra produksi produk pertanian tersebut.
Saya tertarik dengan tugu buah durian yang berdiri di Kecamatan Karanganyar, Pekalongan. Tugu durian, seperti budaya di luar negeri saja, hehehe. Tugu buah harusnya menjadi ciri khas daerah Indonesia yang kaya akan buah tropika. Tugu buah dapat menjadi ikon pariwisata yang dapat mengundang turis domestik dan mancanegara.
Pekalongan dapat dikatakan penyumbang buah durian di Jawa Tengah. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya pohon-pohon durian yang menjulang tinggi di kebun-kebun durian petani di Kecamatan Doro dan Karanganyar (lolong).
Untuk mengembangkan potensi wisata, pemerintahan tiga desa di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, menggagas pendirian jalur Kabalong (Karanggondang- Limbangan-Lolong). Terpilihnya tiga desa itu karena mempunyai  potensi wisata yang berlimpah dari mulai panorama alam, wisata kuliner, wisata agro, hingga wisata sejarah.
Tentunya hal tersebut disambut hangat oleh masyarakat sebab dengan adanya pariwisata dapat menjembatani sebagai media pendapatan dengan banyaknya para pengunjung wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar